Breaking News

MATHLA GO TO JANAKA 2017

Pagi itu, Kamis 20 September 2017  Mathla Astro Club Bandung yang terdiri dari Abu Sabda, Hendi Santika, Ian Gunawan dan Jajat Sudrajat meluncur dengan Kijang Inova menuju tasikmalaya, menjemput Tim Mathla Tasikmalaya, Munadi dan Agus Saliem.

Setelah menjemput Tim Tasikmalaya, Mobil melaju menuju LAPAN WATUKOSEK, Pasuruan Jawa Timur tempat dihelatnya acara Akbar Jambore Nasional Klub Astronomi yang berlangsung dua hari 22-23 September 2017. Daerah-daerah seperti semarang, Demak, kudus, gresik, sebagai "Markas" Para Kiyai Falak pun Alhamdulillah bisa terlewati.

Jam 9. 30 hari Jum'at (22/9) Tim tiba di LAPAN WATUKOSEK, kemudian langsung menuju meja Registrasi. Ternyata Sudah banyak Klub dari daerah lain yg telah sampai. Hampir 38 Klub, 244 orang berkumpul di acara itu.

Berbagai acara digelar, dari mulai Work Shop Astronomi, Astrophotography,  Pembuatan Alat peraga Astronomi, Star Party, Sharing Antar Club sampai olah raga pagi yang ke semuanya sangat bermanfaat sebagai ilmu Bagi Para peserta Jambore.

Selain ilmu, Jambore ini pun menjadi ajang pertemuan dengan berbagai komunitas dan Para ekspert Astronomi Amatir yang selama ini hanya dikenal di dunia Maya. Sebut saja Raihan Cygnus, Om Nurdin, Indra, Eko Hadi dari HAAJ (Himpunan Astronomi Amatir Jakarta), Joshua Anderson, Cak Hammam dari SAC (Surabaya Astronomi Club), Agus Siswanto Jendral Maestro Astronomi juga pendiri DIY Telescope Making.

Selain bertemu dengan mereka, Tim juga bertemu dengan  Pak Bambang Peneliti Matahari dari LAPAN WATUKOSEK, mas Rhody Agiel Saputro, Ahli rakit Teleskop FC (Photo Copy), serta Pak Kiyai AR. Sugeng pembinaan Club Astronomi Assalam yang 'legendaris'' dan Kharismatik.

Hari Ahad (22/9) acaranya adalah pesan dan kesan serta penutupan. Namun dua anggota Kami tidak bisa melanjutkan acara, sebab harus pulang. Pak Jajat pulang jam 8.00 menggunakan Pesawat, sementara Hendi Santika pulang ke Jakarta menggunakan bis double Dacker.

Sisanya, Abu Sabda, Munadi dan Ian Gunawan pulang sekitar jam 10.00 WIB.

Dalam perjalanan pulang Alhamdulillah kami bisa mampir dan bertemu dengan Pak Mutoha Arkanuddin di MABES JAC di Jogjaarta. Berdiskusi dan melihat-Lihat koleksi beliau yang Bikin iri.

Jam 23.30 WIB Kami Pamitan melanjutkan perjalanan. Alhamdulillah Senin (24/9) jam 6.30 WIB Tim tiba Di Tasikmalaya. Dari sini tinggal melanjutkan ke Bandung.

BTW, perjalanan JANAKA 2017 serta acaranya sangat berkesan. Sampai ketemu di JANAKA berikutnya.

Salam Astro
Mathla Astro Club
(Berkhidmat untuk Ummat)





No comments